Publikasi di Bidang Implementation Research dan Program UHC Sejumlah publikasi internasional di bidang implementation research dan juga program UHC telah banyak tersedia. Dua publikasi yang dapat dipelajari sebagai materi awal dapat diunduh pada link di bawah:

Satu Tahun Pelaksanaan JKN

Buku Satu Tahun Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional ini mencoba memotret dinamika yang terjadi pada satu tahun awal implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional, serta memberikan masukan dan terobosan yang berlandaskan bukti empiris untuk mewujudkan Kepesertaan Semesta Jaminan Kesehatan Nasional 2019. Buku ini sekaligus diharapkan bisa menjadi cermin pelajaran berharga bagi Program Jaminan Sosial lainnya dalam lingkup SJSN yang akan diselenggarakan mulai 1 Juli 2015.

download 1Download

 


WHO & TDR - Implementation Research in Health (A Practical Guide)

Toolkit Riset Implementasi ini dirancang untuk membantu mengidentifikasi hambatan sistem dan pemangku kepentingan untuk terlibat, merumuskan pertanyaanpenelitian yang sesuai, melakukan penelitian, dan mengembangkan rencana untuk menerapkan hasil penelitian. Modul ini dibuat sebagai alat bantu untuk mempelajari prosesstandar yang hasilnya dapat dibandingkan ke daerah dan negara berbeda.

download 1Download

 


Implementation Research in Health - A Practical Guide

Buku ini disusun oleh David Peters, Nhan Tran, dan Taghreed Adam dari Alliance for Health Policy and Systems Research WHO.

Antusiasme dalam melakukan implementation research semakin besar, terutama karena pendekatan kajian semacam ini dapat membantu meningkatkan manfaat suatu intervensi atau program kesehatan. Implementation research adalah sesuatu pendekatan yang relatif baru dan belum banyak diterapkan di sektor kesehatan. Untuk itu, buku ini memberikan gambaran-gambaran dasar tentang implementation research termasuk definisi dan kegunaannya.

download 1Download

 


Going Universal: How 24 Developing Countries Are Implementing Universal Health Coverage Reforms From Bottom Up

Buku ini disusun oleh tim World Bank dan diterbitkan pada September 2015. Buku ini merupakan hasil kajian dari 24 negara berkembang dalam perjalanan panjang menuju UHC, termasuk Indonesia sebagai salah satu negara studi kasus. Setiap program UHC yang dianalisis ternyata berusaha untuk mengatasi warisan ketidakadilan dengan mangatasi kesenjangan pembiayaan dan juga perbaikan sistem pembiayaan kesehatan. Buku ini akan membantu para pembuat kebijakan memahami pilihan yang mereka hadapi dan membantu mengembangkan agenda riset operasional baru. Sebagian besar program UHC ini sudah berjalan kurang lebih satu dekade. Pemerintah dari 24 negara ini juga bertransformasi dalam upaya untuk memperbaiki sistem kesehatannya, menawarkan solusi untuk mengatasi kesenjangan dan mencapai luaran kesehatan yang lebih optimal. Laporan ini juga memaparkan kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing implementasi program UHC di berbagai negara, serta membantu agenda perbaikan secara global.

download 1Download

 


Kesinambungan Pendanaan Program JKN

Buku ini disusun oleh Budi Hidayat.

download 1Download

 


Kajian Program Keluarga Berencana di Era Jaminan Kesehatan Nasional 2014

Buku ini disusun oleh PKMK, FK UGM.

download 1Download

 


Supporting Indonesia's DJSN to Develop National Guidelines for Implementing a National Social Health Insurance Program by 2014

Buku ini oleh disusun CHEPS, FKM UI.

download 1Download


Research Methods & Reporting

Implementation research: what it is and how to do it

Implementation research is a growing but not well understood field of health research that can contribute to more effective public health and clinical policies and programmes. This article provides a broad definition of implementation research and outlines key principles for how to do it

download 1Download

KEMITRAAN


USAID           pkmk eng  

Program ini merupakan upaya kolaboratif antara berbagai ahli dan pemegang kebijakan dalam pengembangan sistem kesehatan yang terdiri atas USAID, Health Finance & Governance Project, Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, dan berbagai insititusi lainnya.

About Website

This website is made possible by the support of the American people through the United States Agency for International Development (USAID). The contents are the sole responsibility of Indonesian Implementation Research for UHC Program and do not reflect the views of USAID or the United States Government.

Copyright © 2018 Indonesia-Implementationresearch-uhc

Search